“Pendidikan Jarak Jauh Universitas Terbuka”


Salah satu prinsip penyelenggaraan pendidikan menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 adalah pendidikan diselenggarakan sebagai satu kesatuan yang sistemik dengan sistem terbuka dan multimakna.  Universitas Terbuka yang lebih akrab dengan sapaan UT adalah penyelenggara pendidikan Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia. UT merupakan satu-satunya penyelenggara pendidikan yang menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka.  Dikatakan jarak jauh karena pembelajaran dilakukan tidak secara tatap muka, melainkan menggunakan media cetak (modul) maupun noncetak (audio/video, komputer/internet, dan siaran radio). Selanjutnya, dikatakan terbuka karena tidak ada pembatasan usia bagi lulusan SMA yang ingin memperoleh pendidikan bermutu. Sistem yang diterapkan oleh UT ini, menjadikan UT sebagai perguruan tinggi yang unik dan unggul dari kebanyakan Perguruan Tinggi lainnya.

www.ut.ac.id
Keunikan dan keunggulan UT masa kini adalah pertama, metode pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan dengan memanfaatkan internet. Melalui media internet, mahasiswa secara mandiri dapat mengikuti kegiatan belajar dengan mudah. Mahasiswa tidak perlu datang ke kampus setiap harinya. Mahasiswa cukup mengunjungi dan berinteraksi pada website UT, tidak perlu ongkos transportasi. Kedua, memberikan layanan pendidikan yang fleksibel dan efektif terutama bagi mereka yang bekerja atau karena alasan lain. Kampus UT merupakan kampus yang banyak menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki aktivitas padat. Ketiga, paperless dan ekonomis. Universitas Terbuka ikut berpartisipasi dalam gerakan go green. Seluruh informasi pada website UT selalu di-update.  Mahasiswa dapat mengetahui dengan detail kalender akademik, nilai inisiasi dan tugas, nilai IP (Indeks Prestasi), pemesanan modul, latihan soal beserta jawaban, hingga mahasiwa dapat pula membaca modul di perpustakaan digital website UT. Pengiriman jawaban latihan, tugas, dan karya ilmiah difasilitasi UT cukup dengan meng-upload file kedalam website. Keempat, UT memiliki cabang di seluruh Indonesia. Mahasiswa yang pindah domisili dengan cepat dan mudah dapat mengajukan pemindahan administrasi akademiknya ke cabang UT di domisili baru. Kelima, biaya pendidikan terjangkau.  Tidak ada uang bangunan, mahasiswa hanya membayar biaya akademik sesuai dengan jumlah SKS mata kuliah yang diambilnya dikalikan dengan tarif per SKS. UT juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan mahasiswa tidak mampu. Keenam, kegiatan Diskusi Ilmiah Pekan Olah Raga dan Seni (Disporseni). Setiap tahunnya, ulang tahun UT dirayakan dengan acara Disporseni. Melalui ajang ini, UT menggali potensi/ bakat dan keahliannya para mahasiswanya. Mahasiswa di masing-masing cabang kampus UT diwajibkan berpartisipasi untuk menyalurkan bakat, hobi, dan keahlinya. Melalui acara ini, mahasiswa juga dapat bertemu dan mengenal mahasiswa lainnya dari berbagai  cabang kampus UT.

www.ut.ac.id
Keunikan dan keunggulan yang dimilikinya, memudahkan UT menyatukan bangsa dimana pun ia tinggal untuk memperoleh pendidikan yang bermutu, fleksibel, efisien, terjangkau, dan menyenangkan. Tiga puluh tahun sudah kau satukan bangsa dengan layanan dan kreativitasmu. Terima kasih UT, jasamu cerdaskan bangsa. 

Comments

  1. Nama saya adalah Temmy Pratama. Saya adalah salah satu mahasiswa UT. Pada awal saya ada keinginan untuk melanjutkan studi, saya ingin mencari universitas yang waktu kuliahnya agak fleksibel karena saya sudah bekerja dan sifat pekerjaan saya mengharuskan saya untuk sering melakukan perjalanan dinas. Lalu ada salah seorang kerabat saya yang menganjurkan untuk melanjutkan studi di Universitas Terbuka. Awalnya saya agak ragu mengenai sistem pembelajaran“jarak jauh” yang diterapkan Universitas Terbuka karena merupakan metode yang belum lazim diterapkan Universitas lain. Tetapi setelah mendalami lebih lanjut saya ketahui bahwa bahan ajar yang disusun oleh UT adalah dibuat khusus untuk dapat dipelajari sendiri ditambah mahasiswa juga dapat mengambil inisiatif untuk memanfaatkan perpustakaan, mengikuti tutorial baik secara tatap muka maupun melalui internet, radio, dan televisi, serta menggunakan sumber belajar lain seperti bahan ajar berbantuan komputer dan program audio/video.
    Karena hal itulah keraguan saya hilang dan memutuskan untuk mengikuti perkuliahan di UT dan Alhamdulillah setelah 3 semester saya merasa nyaman kuliah di UT dan banyak ilmu yang saya dapat dari mengikuti perkuliahan ini dan membantu pekerjaan saya. Terima Kasih UT. Semoga makin sukses memajukan anak bangsa.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts